12/14/2017

Fenomena Bus Penuh Sampah

Fenomena Bus Penuh Sampah

Salam sejahtera bagi sahabat bandel cerdas, kali ini bandel cerdas akan menyediakan sebuah topik pembahasan yang tidak kala menarik dan pastinya ini akan menambah informasi dan pengetahuan kita. Nah… Pasti sahabat bandel cerdas penasaran kan. Apa sih yang menjadi pembahasan menarik kali ini? Betul sekali Fenomena Bus Penuh Sampah.


Mengapa harus fenomena bus penuh sampah?
Sebelum bandel cerdas menjelaskan lebih jauh lagi, bandel cerdas mau sedikit sharing tentang masalah ini. Ketika bandel cerdas berlibur dalam rangka mengikuti kegiatan Perkemahan. Bandel cerdas bersama kawan-kawan seperjuangan pergi menggunakan bus yang di mana perjalanan yang kami lalui ini sangatlah jauh sekitar 2 jam lebih. Di dalam bus tersebut, bandel cerdas menyaksikan sebuah pemandangan yang luar biasa dan telah dianggap biasa oleh sebagian orang yang dalam hal ini sebagai penumpang bus. Bandel cerdas melihat tumpukan sampah di mana-mana yang menggambarkan bahwa bus tersebut terlihat banyak sampah yang berserahkan layaknya tempat penampungan sampah. Awalnya sedikit kaget tapi lama-kelamaan juga jadi biasa, mengingat perjalanan kami jauh dan tidak ada lagi pilihan selain duduk, diam dan menunggu sampai tiba di lokasi tujuan. Namun bagi sebagian penumpang lain yang peduli terhadap kebersihan dan lingkungan, fenomena seperti ini sangatlah mengganggu kenyamanan mereka. Karena bagaimana pun juga, kebersihan adalah sebagian dari pada iman. Dan Satu sampah dapat menimbulkan seribu bencana. 

Siapa yang bertanggung jawab akan hal ini?
     Berbicara siapa yang semestinya bertanggung jawab tentang banyaknya sampah yang berserahkan di dalam bus. Bandel cerdas berfikir bahwa yang seharusnya bertanggung jawab itu adalah para penumpang, karena mengapa? Banyak dari sebagian penumpang itu kalau membawa cemilan berupa snack atau makanan kemasan lainnya, kebanyakan dari mereka setelah selesai menyantap cemilan yang mereka makan, biasanya bungkusannya dibuang begitu saja tanpa mempedulikan kebersihan yang ada disekitarnya. Hal tersebut diperparah lagi dengan sikap apatis antara sesama penumpang yang tidak saling mengingatkan akan pentingnya untuk menjaga kebersihan lingkungan. Tetapi bukan hanya penumpang saja, peran dari para driver juga sangat penting dalam menjaga kebersihan bus. Dan seharusnya itu sudah menjadi tanggung jawab bersama untuk menjaga kebersihan di dalam bus, sebab jangan mengotori kalau tidak tahu membersihkan.

Lantas apa solusinya?
Perlu adanya kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya, meskipun bila kita berada di dalam bus yang tidak memiliki fasilitas berupa tempat pembuangan sampah. Tetapi kita perlu menahan diri untuk menjaga kebersihan yang ada sekitar kita, mungkin kalau dari bandel cerdas sendiri bisa menyarankan kepada sahabat-sahabat bandel cerdas untuk membawa katung plastik/kresek  yang tujuannya sebagai tempat sampah sementara. Dan juga alangkah indahnya jika kebersihan itu dapat dijaga secara bersama. 

Sebelumnya bandel cerdas meminta maaf kepada pembaca jika ada kesalahan kata. Dan semoga bermanfaat bagi kita semua. Serta terimakasih atas kunjungannya.

Bagikan

Jangan lewatkan

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.