3/13/2018

Teknologi Masa Depan Al Dan Advanced Machine Learning



Teknologi  Masa Depan Al Dan Advanced Machine Learning



Kembali lagi bersama Bandel Cerdas, kali ini kita akan membahas salah satu perkembangan teknologi terbaru di tahun 2017 ini. Percaya atau nggak percaya kawan-kawan teknologi AI dan advanced machine learning dapat membuat perangkat dan program teknologi lebih canggih, seperti bisa mampu mempelajari, memahami, beradaptasi dan  bisa jadi akan mampu beroperasi secara mandiri. Bisa kebayangkan kalau semua pekerjaan kita akan menjadi lebih mudah karena kehadiran teknologi ini, tentunya kayak seperti di film-film gitu. Yang ada robot-robotnya, dan tidak menutup kemungkinan kita bisa berkomunikasi dengan robot dan hidup berdampingan dengan manusia.

Tau nggak Bagaimana sih perkembangan Teknologi Al dan advanced machine learning?

AI dan advanced machine learning, teknologi ini sebenarnya bukan penemuan terbaru, melainkan pengembangan dari teknologi yang sebelumnya. Teknologi yang bisa diterapkan di kendaraan mandiri, robot, elektronik untuk konsumen, visual personal assistants, serta smart advisors. Adapun teknologi ini merupakan pengembangan dari perangkat sebelumnya yaitu AI (Artifficial Intelligent), yang kemudian bernama machine learning. Seperti tadi yang sudah dijelaskan Teknologi ini akan membuat perangkat dan program teknologi lebih canggih, seperti bisa mampu mempelajari, memahami, beradaptasi dan bisa jadi akan mampu beroperasi secara mandiri.
Istilah machine learning pada dasarnya adalah proses komputer untuk belajar dari data (learn from data). Tanpa adanya data, komputer tidak akan bisa belajar apa-apa. Oleh karena itu jika kita ingin belajar machine learning, pasti akan terus berinteraksi dengan data. Semua pengetahuan machine learning pasti akan melibatkan data. Data bisa saja sama, akan tetapi algoritma dan pendekatan nya berbeda-beda untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Terus bagaimana proses belajar Machine Learning

Perlu kawan-kawan ketahui, Machine Learning merupakan salah satu cabang dari disiplin ilmu Kecerdasan Buatan (Artificial Intellegence) yang membahas mengenai pembangunan sistem yang berdasarkan pada data. Banyak hal yang dipelajari, akan tetapi pada dasarnya ada 4 hal pokok yang dipelajari dalam machine learning, yaitu Pembelajaran Terarah (Supervised Learning), Pembelajaran Tak Terarah (Unsupervised Learning), Pembelajaran Semi Terarah (Semi-supervised Learning) dan Reinforcement Learning.
Apa sih contoh-contoh penerapan Machine Learning dalam kehidupan sehari-hari?

Elektrokardiogram


Alat untuk  mendeteksi penyakit jantung. Elektrokardiogram (EKG)  itu sendiri adalah grafik yang dibuat oleh sebuah elektrokardiograf, yang merekam aktivitas kelistrikan jantung dalam waktu tertentu. 

Face Detection


Pengenalan Wajah (Face Detection) adalah proses identifikasi manusia dengan menggunakan gambaran raut wajah. Dalam pendeteksian wajah, teknologi ini hanya mengidentifikasi wajah saja dan mengabaikan hal-hal yang lain seperti bangunan pohon tubuh dan lain-lain
Semoga dapat bermanfaat bagi kawan-kawan semua… Terimakasih atas kunjungannya. 

Bagikan

Jangan lewatkan

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 komentar:

Tulis komentar